Dulu Saya Gaptek, Begini Awal Mula Masuk ke Bisnis Online

Banyak orang tidak memulai bisnis online karena alasan gaptek. Bisa jadi teman Anda mengalaminya, atau mungkin Anda sendiri yang begitu. Hayu ngaku…!!! #Peace ah..!!! Sebenarnya, dulu saya juga GAPTEK, namun kemudian saya terpaksa masuk ke dunia internet. Begini awal mula ceritanya.

Belajar Menulis, Cita-cita Jadi Penulis, Ingin Menjadi Penulis

Tahun 2007, saya ikut seleksi penilaian buku bahan ajar  TIK Kelas VIII SMP Kurikulum 2006.  Lumayan juga kalau lulus dan dibeli oleh pemerintah, harga per naskah minimal 50 Juta Rupiah. Alhamdulillah… Buku yang saya tulis lulus penilaian.

Namun kemudian buku tersebut harus direvisi karena materinya terlalu bengkak. Tim penilai dari Dinas Pendidikan RI meminta agar sebagian materi dipublish di blog. Sementara dalam buku ditampilkan link artikelnya saja. Agar siswa kemudian dapat mempelajari materi selengkapnya via internet.

Blog Bisnis, Blog Penulis

Berat memang..!!! Waktu itu kan saya masih gaptek. Jangankan harus bikin blog, cuman nulis artikel di blog saja belum tau. Tapi ini soal harga diri, demi reputasi sebagai penulis Buku TIK. Masa penulis buku TIK ngga bisa nge-Blog xixixixi…

Saya browsing lah info cara bikin blog, cara menulis artikel di blog, dan seterusnya. Alhamdulillah bisa juga..!!! Tugas sebagai penulis selesai, ilmu baru di dunia internet juga dapat.

Nah, pada saat belajar menulis di blog itulah saya menemukan banyak iklan tawaran bisnis online. Saya pelajari beberapa di antaranya, dan saya coba gabung di dalamnya. Beberapa berhasil, tapi lebih banyak yang gagalnya, hahay… 

Syukurlah, dari beberapa bisnis online yang saya coba itu ada yang menghasilkan profit secara konsisten bahkan cenderung meningkat. Padahal bisnis seperti itu sebelumnya masuk dalam daftar hitam, alias tidak saya suka. Benci dah pokonya..!!!

Tapi bagaimana bisa sukses membangun bisnis yang awalnya dibenci? Tunggu cerita berikutnya. Bersambung dah hahaha…

 

Facebooktwitterlinkedinmail