Secangkir Kopi untuk Negeri


Menelusuri sudut-sudut negeri ini, selalu membangkitkan rasa syukur pada Sang Khaliq yang telah menghadiahkan alam dengan berjuta pesona. Ya, saya memang lebih suka menikmati suasana alam, ketimbang ngrecokin urusan orang lain. Negara, biarlah… sudah ada yang berkompeten di sana. Setiap orang bisa berperan untuk negeri sesuai kapasitas masing-masing, bukan ikut-ikutan dalam hal yang bukan bidangnya.

Pesona Indonesia, Wonderfull Indonesia, Damai Indonesia, Indonesia Hebat, Bakti untuk Negeri, Arti Pembangunan, Karya Nyata Demi Bangsa

Betul, banyak orang yang tahu, ya sekadar tau bahwa “menyerahkan suatu urusan pada seorang yang bukan ahlinya itu berbahaya”. Tapi faktanya, mereka tidak memposisikan dirinya sesuai pengetahuannya itu. Bukan ahli politik, bicara politik; bukan ahli agama, bicara agama. Bagi saya, yang seperti itu namanya, “lauk buruk milu mijah”. Bukan perbaikan yang terjadi, tapi malah bikin keresahan dan bahkan kerusuhan.

Sungguh, daripada harus bersama gerombolan yang seneng bikin ricuh dan gaduh, saya lebih suka ditemani secangkir kopi, yang dengan pahitnya membuat saya terjaga, segar, dan lebih semangat untuk berkarya. Lewat karya itu mungkin saya bisa punya peran untuk negeri ini. Lewat karya itu mungkin bisa saya sumbangkan perubahan demi Indonesia yang makin hebat. Ya, peran kita tidak perlu dilihat dan dibangga-banggakan oleh siapa pun. Peran kita cukuplah dirasakan siapa saja yang bahkan tidak menyadarinya.

Kehadiran saya tidak menjadi sumber keresahan dan kericuhan bagi orang lain pun itu sangat berarti. Ketimbang banyak aksi tapi malah jadi aib bagi negeri. Agama buat saya adalah pengendali diri, bukan untuk mengatur urusan orang lain. Saya masih yakin bahwa untuk memberikan perubahan yang baik untuk sekitar itu harus dimulai dengan menata diri sendiri. Saya pun sangat yakin, bahwa Tuhan maha mencintai kesantunan dalam menebar kebaikan 🙂

 

Salam damai bahagia,

Kang Erdien
www.SentraDetox.net

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tags: , , , , , ,